في القواعد الفقهية
قَالَ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّماَ
الْأَعْمَالُ بِالنِّيَاتِ وَ إِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى
“Sesungguhnya segala amal perbuatan itu tergantung dari beberapa niatnya, dan bagi setiap orang akan mendapat apa yang telah diniatkannya.” (HR. Imam Bukhari)
Dari hadits ini dapat diperoleh qaidah-qaidah fiqih
2. Qaidah yang kedua
مَا يُشْتَرَطُ فِيْهِ التَّعْيِيْنُ فَالْخَطَأُ فِيْهِ مُبْطِلٌ
“Ibadah yang disyaratkan untuk menentukan ibadah itu, maka jika salah dalam menentukan bisa membatalkan.”Contoh :
1. Salah dalam niat sholat dzuhur dengan mengucapkan niat sholat ashar atau sebaliknya, maka tidak sah.
Maka jika seseorang sholat dzuhur dengan niatan sholat ashar, maka sholatnya tidak sah.
2. Salah dalam niat sholat rawatib dzuhur dengan niatan sholat rawatib ashar juga tidak sah.
3. Salah dalam meniatkan sholat idul fitri dengan niatan sholat idul adha atau sebaliknya juga tidak sah.
4. Salah dalam meniatkan sholat sunnah ihram dengan niatan sholat sunnah thawaf atau sebaliknya.
5. Salah dalam meniatkan puasa arafah dengan niatan puasa as-syura atau sebaliknya juga tidak sah.
No comments:
Post a Comment